Kombinasi Apartemen & Perkantoran Di Kawasan Bisnis Bekasi

Pesatnya pembangunan kawasan industri dan manufaktur di Karawang, Cikarang, dan Cibitung menjadikan Kota Bekasi semakin berkembang sebagai pusat bisnis dan niaga dari kawasan industri. Seiring dengan itu, kebutuhan perkantoran dan tempat tinggal terus meningkat. Untuk menjawab kebutuhan tersebut Metland mempelopori dengan meluncurkan Perkantoran dan Apartemen M-Gold Tower. Bahkan sukses M Gold Tower ini membuat Metland merancang M Gold Tower tahap dua.

PT Metropolitan Land Tbk. (Metland) meluncurkan pembangunan menara Perkantoran dan Apartemen M Gold Tower pada akhir 2012 dan rampung pada Februari 2015, suatu kawasan terpadu perkantoran dan hunian di Bekasi. Ini sekaligus akan menjadi bangunan terintegrasi pertama di Kota Bekasi yang berlokasi di Jalan Noer Ali, Bekasi, tak jauh dari Pintu Tol Bekasi Barat.
Metland sebagai pengembang apartemen M Gold melakukan serah terima kunci kepada konsumen pada Februari 2015. “Realisasinya sudah ada beberapa pembeli yang serah terima dan sudah ada juga yang menempati. Untuk office juga sudah ada beberapa yang menempati,” kata Deky Dwi Sartono, General Manager Commercial & Business Development.

Perkantoran dan Apartemen M Gold Tower menerapkan konsep All in One Place, yaitu sebuah kawasan modern terpadu yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dalam satu kawasan. Apartemen M Gold Tower merupakan kawasan modern terpadu atau superblok Metland Bekasi yang di dalamnya terdiri dari perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Bangunan M Gold Tower sendiri menyatu dengan perkantoran yang berdiri di atas lahan seluas 4.200 meter persegi. Bangunan apartemen 12 lantai ini memiliki 144 unit kamar. Sementara gedung perkantoran memiliki 14 lantai. Pengembang menawarkan berbagai variasi ukuran, mulai dari tipe studio dengan ukuran 23 meter persegi hingga 48 meter persegi dengan dua kamar tidur.

Susy Hartanto selaku Sales Manager Commercial Building menambahkan, unit M Gold Tower yang tersisa, yakni untuk apartemen tersedia 1 BR luas 48 m2 (semigross) dengan unit terbatas. Harga jual Apartemen Rp21.000.000/m + PPN. Untuk office masih tersedia dengan variasi luas 70 m2, 106 m2,108 m2, 148 m2, 158 m2, dan 172 m2 (semigross). Harga jual kantor Rp21.000.000/m + PPN ataupun sewa dengan harga Rp200.000/m2/bulan + PPN.

Gerbang tol baru sudah dibuat sebelum gerbang tol Bekasi Barat, demi kenyamanan penghuni M Gold tower, dan dapat menghindari antrian di pintu tol Bekasi Barat yang cukup padat pada jam-jam sibuk. Apartemen yang membidik pangsa pasar kelas menengah ke atas ini menyasar ekspatriat yang bekerja di Cikarang dan Jababeka. Sebanyak 43% ekonomi Bekasi ditopang oleh sektor industri dengan pekerja asing mayoritas berasal dari Jepang dan Korea. Mereka yang level manager biasanya tinggal di hotel kawasan Bekasi. Maka untuk memenuhi kebutuhan itu M Gold Tower hadir.
Nyatanya, M Gold Tower masih dianggap kurang untuk memenuhi pasar kalangan ekspatriat ini. Maka, akhir tahun 2015 akan mulai dibangun M Gold Tower tahap dua yang akan menyasar high level dengan memperbanyak apartemen yang lebih luas dengan dua kamar tidur agar nyaman untuk long stay.

“Kita akan buat M Gold Tower tahap dua, tetapi namanya belum ada jadi kita masih menyebutnya M Gold Tower tahap dua. Kita buat levelnya lebih tinggi dari M Gold Tower pertama karena kebanyakan mereka dari level menengah ke atas tidak mau membeli apartemen kelas studio karena terlalu kecil. Apalagi untuk yang long stay mereka pasti memilih space yang agak besar. Jadi pengembangannya untuk M Gold Tower tahap dua nanti kita tidak akan buat kamar kecil lagi, tetapi kita perbanyak one bedroom dan two bedroom. Target kita bangun dua tahun, mungkin akhir 2017 sudah siap,” kata Deky optimis.
Deky juga menambahkan apartemen dan perkantoran yang ditawarkan ini semifurnist, yakni hanya tersedia lantai marmer, plafon, AC, lemari untuk dapur, bathtub. Untuk kamar one bedroom sudah ada kompor dan mesin cuci. Pembeli hanya tinggal membawa tempat tidur, televisi, dan beberapa aksesoris seperti kulkas, meja belajar, dan sebagainya.

“Untuk instalasi televisi juga sudah kita siapkan, kita juga siapkan fasilitas jaringan internet, baik apartemen maupun office. Di sini kan kelas premium, maka pengamanannya juga kita jaga. Kita dilengkapi oleh CCTV di lobi, koridor maupun lift. Lift kita memiliki sistem akses card jadi langsung per lantai. Jadi kita harapkan penghuni maupun pekerja di office yang tinggal merasa nyaman. Harapannya semua pembeli merasa puas. Dengan mereka puas dan nyaman mereka bisa promosi ke teman-teman mereka untuk bisa ambil di proyek kita selanjutnya,” pungkas Deky.